Highlights | Cool Bisnis dan Marketplace | Juli 2019

Pdt. Harry Christiansen (kiri) berbagi kesaksian bersama anggota Cool Bisnis dan Marketplace di BaliCafe Sunset Road. Senin, 29 Juli 2019.

JADI KEPALA BUKAN EKOR | Pdt. Harry Christiansen

“Semua karena penyertaan Tuhan,”

Itulah kata pembuka dari Pdt. Harry dalam sharingnya di Cool Bisnis dan Marketplace GBI Kuta, GBI Rayon 1i Bali. Memulai usahanya pada tahun 1996, Pdt. Harry Christiansen banyak mengalami proses. Untuk lebih lengkapnya, mari baca selengkapnya dibawah ini.

Ketika kita tercipta, kita terlahir dalam kondisi tanpa mengetahui apa-apa didalam hidup. Seiring hidup berjalan tentunya setiap kita akan mengalami banyak proses yang membentuk karakter kita masing-masing. Satu hal yang penting bagi kita semua adalah belajar mengetahui siapa identitas kita.

IDENTITAS – PRIBADI YANG DICIPTAKAN TUHAN
Kita harus menyadari bahwa kita adalah ciptaan yang segambar dengan gambaran Tuhan. Ini artinya kita diciptakan sebegitu spesialnya di mata Tuhan. Kenali lebih dalam siapa pencipta kita. Bangun hubungan yang intim dengan Tuhan.

IDENTITAS – TEMUKAN TALENTA KITA
Sebagai karya Tuhan, selain kita mendalami pengenalan akan Tuhan, kita juga harus mengetahui apa talenta kita.

Matius 15:34
Kata Yesus kepada mereka: “Berapa roti ada padamu?” “Tujuh,” jawab mereka, “dan ada lagi beberapa ikan kecil.”

Ketika memulai usahanya, Pdt Harry merupakan lulusan Tehnik Mesin. Dengan kemampuannya, beliau memulai usaha bengkel las untuk per truk pengangkut pasir. Dan dalam perjalanan, usaha tersebut harus mengalami ‘modifikasi’ menjadi bengkel las untuk keperluan lainnya seperti pagar, jendela dan lainnya. Pdt Harry berpegangan pada Matius 15:34

bahwasannya kita harus mengetahui apa yang ada pada kita. Jika kita bisa berkarya musik, maka berusahalah pada bidang itu. Jika Tuhan percayakan sebagai tukang kayu, maka jadilah yang terbaik dalam hal tersebut.

Namun apabila kita bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, lakukanlah cara sederhana ini; tanyakan kepada Tuhan dengan cara berdoa. Jika kita berseru dengan sungguh-sungguh, Tuhan pasti menjawab doa kita.

Anggota Cool Bisnis dan Marketplace, bapak Firdaus (kiri) berpose wefie saat sharing bersama ibu Peggy (kedua dari kanan)

MELEKAT KEPADA TUHAN
Seiring Tuhan menyertai usaha dan pekerjaan kita, kita tidak boleh luput untuk tetap setia kepada Tuhan. Pdt Harry menyadari hal ini ketika dirinya merintis usaha bengkel las ini. “Saya sudah banyak diberkati Tuhan, maka saya juga harus melakukan yang terbaik kepada Tuhan lewat melayani Tuhan”. Melalui hal ini, Tuhan justru mempercayakan perkara-perkara yang lebih besar lagi.

Kunci untuk melekat kepada Tuhan:

1. Punya persekutuan dengan Tuhan Yesus Kristus – “Saya komitmen untuk pasang alarm setiap jam 4 pagi. Saya awali berdoa bagi bangsa, bagi gereja,” Ucap Pdt Harry. “Lalu setelah itu saya lanjut berdoa dengan istri saya untuk berdoa bagi keluarga saya.” Tambahnya.

2. Merenungkan Firman Tuhan – “Setelah itu, saya membaca Alkitab. Saya baca pagi-pagi, karena di pagi hari pikiran kita masih ‘fresh’. Belum terbebani oleh hal-hal lain. Jadi firman yang kita baca bisa kita renungkan dengan baik. Saya membaca firman Tuhan, lalu merenungkannya,” tutup Pdt Harry menjelaskan mengenai Saat Teduh pribadinya.

BANYAK BERDOA DAN TAAT KEPADA TUHAN
Didalam 1 Tawarikh 14:8-16, firman Tuhan menceritakan mengenai Daud yang memukul kalah orang Filistin. Bagian yang menarik dari firman Tuhan ini terdapat didalam ayat 10, 14 dan 16.

Yang Daud hadapi adalah orang Filistin. Ketika orang Filistin ini menyerbu di lembah Refaim, Daud berdoa kepada Tuhan Allah dan mendapatkan jawaban bahwa Tuhan menyertai Daud dan akan memenangkan peperangan itu. Terbukti Daud menang melawan orang Filistin. Maka mundurlah orang Filistin itu.

Namun orang Filistin memutuskan menyerang untuk kedua kalinya. Daud pun kembali berdoa kepada Tuhan dan mendapatkan jawaban dari Tuhan dengan strategi yang berbeda. Perhatikan inti pesan firman Tuhan ini baik-baik, seringkali kita merasa memiliki pengalaman dan merasa bisa menyelesaikan sebuah masalah yang sama dengan cara yang sama. Namun masalah yang sama belum tentu bisa diselesaikan dengan cara yang sama. Disini Daud mengajarkan kita untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Daud menyertakan Tuhan didalam setiap keputusannya. Itulah sebabnya Daud mengalami kemenangan demi kemenangan.

JADILAH BERKAT
Pdt Harry bersaksi bahwa dirinya melewati proses yang panjang. Butuh waktu 9 tahun untuk dirinya boleh mengalami proses yang dari Tuhan. Sepanjang proses itu terjadi, Pdt Harry sampaikan betapa pentingnya hubungan yang intim dengan Tuhan.

Memulai usaha bukan sekedar untuk mencari berkat pribadi semata. Membuka usaha juga merupakan cara untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Pdt Harry berbagi salah satu rahasia kunci kesuksesan bisnisnya. Beliau seminggu sekali melakukan Staff Briefing. Hal ini dilakukan bukan untuk bicara soal bisnis melainkan untuk membangun karakter para karyawan-karyawannya. Pdt Harry melalui kesempatan briefing ini membangun karakter para karyawan agar mereka mempunyai integritas didalam bekerja. Utamanya mengajarkan pentingnya untuk jujur. Selain itu Pdt Harry juga menanamkan betapa pentingnya untuk menjaga hasil kerja dan kualitas kerja yang terbaik.

Ada baiknya kita juga menunjukan kepada karyawan kita ‘achievement’ yang mereka capai. Ketika klien memuji hasil kerja dan kualitas yang diberikan oleh karyawan kita, tunjukkanlah hal itu untuk menjadi motivasi positif bagi karyawan tersebut.

SIAP MENERIMA KOREKSI
“Membangun nama baik itu mudah, menjaga dan mempertahankan nama baiklah yang susah.” ucap Pdt Harry.

Untuk bisa bertumbuh dan menjadi lebih baik, salah satu kunci rahasianya adalah “Siap Menerima Koreksi”. Sekalipun kita telah mengerjakan hal yang sama berulang kali, bukan jaminan bahwa pekerjaan kita sudah sempurna. Klien selalu punya masukan bagi kita. Dan justru teguran dan masukkan inilah yang sangat berharga bagi kita untuk memperbaiki pelayanan kita. Itulah pentingnya bagi kita semua untuk mengerjakan segala sesuatu seperti kita mengerjakannya untuk Tuhan.

Demikian rangkuman Cool Bisnis dan Marketplace kali ini. Cool Bisnis dan Marketplace ditutup dengan penuh sukacita. Kami dari GBI Kuta dan GBI Nusa Dua, GBI Rayon 1i Bali mengundang saudara untuk ikut hadir pada pertemuan fellowship selanjutnya. Untuk informasi lebih lanjut, saudara bisa menghubungi: 087745058009 atau 087726534002.

Untuk mengetahui jadwal kegiatan Cool Bisnis dan Marketplace selanjutnya, bisa dengan cara Subscribe melalui website kami, www.gbikutabali.com

Tuhan Yesus memberkati